POTENSI KERJA LULUSAN PERIKANAN

Untuk calon mahasiwa baru adik - adik angkatanku, yang nantinya galau setelah diterima di Fakultas Perikanan manapun, terutama Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya - Malang, Jalan Veteran nomor.....bla..bla..halah kelamaan, gak usah lengkap - lengkap, intinya saja, sebenarnya penulis ini mau nulis apa???...emosi pembacanya. sebenarnya cuma mau share saja, bahwa anda masuk Fakultas tersebut tidak salah, sebab banyak sekali lapangan pekerjaan yang menanti anda pada akhir masa kelulusan. pekerjaan meliputi swasta, negri dan wiraswasta seperti lulusan S1 lainnya, tinggal memilih, pekerjaan yang diinginkan dan nyaman melakoni pekerjaan tersebut.

Disektor Swasta, (bahasanya kaya mau menjelaskan kenaikan harga saham saja hehehe...). pekerjaan yang bisa dimasuki adalah di pabrik pakan ikan dan ternak, seperti penulis saat ini dan beberapa rekan, baik dibidang QC, Produksi, Penjualan, Pembelian, Human Resource dan lainnya. Tidak di pabrik pakan ikan saja, bisa juga dipabrik pengolahan ikan, tambak ikan atau udang, laboran tambak lain - lain.  Pekerjaan itu masih dilingkup perikanan dan peternakan saja belum yang lain, beberapa rekan penulis banyak yang menyelentheng dari perikanan pekerjaannya, namun hal tersebut wajar saja dan syah-syah saja, asalkan pekerjaan yang dijalani nyaman dan sreg dihati. Pekerjaan yang digeluti lulusan Fakultas kita yang swasta ini bermacam - macam mulai dari pekerjaan di bidang finance, public relationship, telekomunikasi, seperti operator seluler, malah banyak yang masuk ke pekerjaan yang banyak diimpikan lulusan ekonomi yaitu teller bank maupun costomer service dan banyak lagi.

Di pemerintahan, para lulusan dapat berkerja di Kementrian Kelautan dan Perikanan, di Dinas Perikanan Propinsi maupun Kabupaten, Balai Karantina Ikan, Balai Budidaya Air Tawar, balai Budidaya Air Payau, Balai Budidaya Air Laut, Balai Riset Pengembangan Budidaya ataupun diinstansi yang tidak mengharuskan jurusan tertentu untuk menduduki posisi pekerjaannya.

Pengajar dan akademisi, di posisi ini berlaku bagi yang sabar dan telaten, sanggup belajar ilmu perikanan dengan lebih mendalam, yang gak sanggup dilakukan penulis hehehe...(dasar pemalas). dilingkup ini kita bisa menjadi Dosen, Guru Sekolah Perikanan, Laboran, Peneliti, Staf Ahli dan sebagainya baik di swasta maupun negeri, namun untuk jadi dosen harus sekolah lagi S2 yang banyak mengeluarkan biaya, namun banyak juga beasiswa baik dalam negeri, luar negeri maupun double degree yang bergentayangan, kita tinggal niat, belajar giat dan berdoa saja apabila ingin mendapatkannya.

Wiraswasta, ini yang banyak dianjurkan, lulusan perikanan sangat berpotensi mengembangkan sektor ini, banyak yang bisa digarap disektor ini, mulai pemijahan (hasil telor langsung jual seperti gurami (Osphronemus gouramy), pendederan, pembenihan, penggelondongan, pembesaran baik ikan hias maupun konsumsi, belum lagi penjualan ikan konsumsi, penjualan sebagai agen pakan ikan atau distributor, itu masih budidaya, selain itu bisa mengolah ikan menjadi produk jadi, dari krupuk ikan, dendeng ikan, sampai usaha ikan bakar. di penangkapan kita bisa menjadi nelayan lobster, penangkapan ikan hias, konsumsi, penyedia logistik nelayan dan masih luas lagi. namun memang dibutuhkan modal yang lumayan besar, intuk mendapatkan modal bisa di lihat cara dan jenisnya disini.tapi modal utamanya sebenarnya adalah niat dan doa.

Banyak kan yang bisa dilakukan lulusan perikanan???. Jadi, yang sekarang kurang nyaman menjadi mahasiswa perikanan karena merasa salah jurusan atau apalah, gak usah memutuskan pindah Fakultas atau ikut SNMPTN tahun depan, kasihan orang tua karena biaya untuk masuk saja sudah mahal, apalagi membuang biaya kuliah yang sekarang dan mengeluarkan biaya lagi bila diterima di fakultas lain mulai dari uang gedung dan lainnya. sayang, toh nantinya bisa berkerja di sektor manapun, sama saja kan???

Penulis dan rekan seangkatan juga punya cita - cita mengembangkan perikanan kelak, membuat usaha perikanan yang tidak tergantung pakan pabrik dan berwawasan lingkungan. semoga suatu saat kami bisa mewujudkan dan dipelihara terus impian tersebut agar tidak usang dimakan usia, sehingga suatu saat nanti dapat direalisasikan. Amiin...

By: Yoppie Agustian

Tag :
Potensi, Kerja, Lulusan, Sekolah, Perikanan, Lowongan, Nyaman, Berkerja, Fakultas, Ilmu, Kelautan, Universitas, Brawijaya, Malang, Profesi, Pekerjaan

Komentar

  1. Makasi kak utk informasinya dan pembelajarannya :)
    saya agus kurniawan jurusan budidaya perairan universitas riau ,.
    Fb : Aghust Chordfrenzy
    e-mail : agus_kurniawan93@yahoo.co.id .

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke rapatkan barisan perikanan, walaupun kita beda almamater tetapi kita masih tetap 1 perikanan. kalau bisa buat jaringan seluas2nya antar universitas, terutama yang budidaya perairan ;) jika perlu bantuan jangan sungkan2 sapa tau kami bisa bantu. salam kenal mas agus.

      Hapus
  2. hallo assalamualaikum salam kenal
    saya bayu timur prabowo jur budidaya perairan undip. info2 cukup menarik lebih di perbanyak dan di kumpulan anggota perikanan se indonesia agar kelak bermanfaat untuk menambah jaringan dan keterbukaan lapangan pekerjaan dan menciptakan pekerjaan mandiri :)terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas bayu. kalo mas bayu punya artikel yang juga ingin di terbitkan.. kirim ke yoppieagustian@gmail.com. saya juga punya enalan alumni Undip yang sekarang megang project budidaya nila di Waduk Gajah Mungkur.pasti nyambung, dan bisa diserap ilmunya lewat magang. http://aquatropica.blogspot.com/2012/07/mahasiswa-perikanan-wajib-magang-jauh.html

      Hapus
  3. hmm,waduk gajah mungkur y?
    siapa mas nama alumnus nya,,?mau tahu kebutuhan pakan per siklusnya berapa banyak?

    perkenalkan, saya wiwid. kebetulan bekerja di salah satu pabrik pakan...
    e-mail : anan_tyo_widi@yahoo.com

    BalasHapus
  4. Namanya sama dengan teman saya yang digajahmungkur juga (mb.wiwied)Ђϱ:DЂϱ >=)Ђϱ☺Ђϱ=DЂϱ:p. Disana ada mas ico.namanya. Salam kenal. Ya mas/mbak ini? Kalau ada artikel menarik untuk di share,bisa hub. Lewat yoppieagustian@gmail.com atau pin  29D753BE thanks. Regard Aquatropica Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya syarief, alummni Hasanuddin slm knl aja ckp tertarik dengan tulisan2 di blog ini, slm knl dgn sax : email nurmanujung@yahoo.co.id Fb Syarief al Hakim. bagaimana kalau qt bentuk forum khusus untuk sarjana2 perikanan? salam dari palu

      Hapus
    2. Bisa kak syarief, kita enaknya bentuk forum lewat apa ya medianya??? Kita harus komunikasi mengingat jurusan kita agak kurang di dengar dan lowongan kerja banyak yang sifatnya tertutup. Harus buat forum untuk membantu lulusan2 perikanan mendapatkan info lowongan kerja dan usaha perikanan.

      Hapus
  5. salam kenal, saya juga alumni perikanan IPB yang banting stir ke IT, mungkin bisa di follow up membuat forum informasi perikanan, satu komando satu perikanan ilmu kelautan...

    BalasHapus
  6. Saya baru masuk di ub prodi pemanfaatan sumberdaya perikanan. Boleh tanya dr semua prodi yg ada dijurusan perikanan itu lbh bagus yg mana ya para kaka alumni :) mohon info dan masukan buat kedepannya :)terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kesibukan maaf baru bales. kalu prodi semua tu sama bagusnya hanya tergantung sengan personalnya, lebih baik cintai apa yang kamu jalani, pasti kebaikan akan mengikuti. amiin

      Hapus
  7. salam kenal kak makasih atas gambaran kedepannya, saya makin mantap buat belajar di fakultas perikanan, perkenalkan saya MABA UNDIP pemanfaatan SD perikanan dan perairan , share lagi kak agar lebih mantap lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau nanya yang di undip pemanfaat sd perikanan kuota snmptn 2015 berapa?

      Hapus
  8. Hidup dokter ikan!

    BalasHapus
  9. makasih infonya kak, aku juga sebenernya pengin banget masuk sekolah perikanan

    BalasHapus
  10. assalamualaikum mau nanya kak,saya kan mau kuliah di ub jurusan budidaya perairan apakah itu sama aja dengan perikanan atau beda lagi kerjanya ? terima kasih salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam penerimaan CPNS ada yang dibedakan antara budidaya perairan dengan budidaya perikanan, namun pada dasarnya menurut saya materi yang diajarkan tidak terlalu jauh beda, dan lowongan kerja di swasta tidak terlalu membedakan perbedaan tersebut. saran jika jadi kuliah di BP UB nitip kembangkan HMP-BP ya. hehehe, saya alumni tahun 2005

      Hapus
    2. Salam kenal kak, saya juga dari BP angkatan 2012 sdh semester 5. Info2 ya kak kalau ada lowongan pekerjan utk prodi BP

      Hapus
    3. maaf dek via, belum ada, kemarin ada tapi sudah terisi, kalo ada kesulitan ini nomor HP saya, sesama warga BP wajib membantu ;) WA aja ya, maaf kalo telp tidak diangkat sms saja 085646465321

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum kak , mau nanya lebih baik D3 / S1 budidaya perairan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pilihan dijenjang pendidikan manapun itu baik. keunggulan D3 berada ditingkat teknis sedangkan untuk ilmu teori lebih baik di S1 karena pembahasan lebih mendalam. tergantung kebutuhan. tapi jika saya pribadi mending S1 sekalian sebab jika kita berkerja di instansi gaji S1 lebih besar dan jika D3 ingin menempuh S1 harus kuliah alih jenjang lagi 2 tahun untuk mendapatkan gelar S1. dan perusahaan/intansi sekarang lebih banyak membutuhkan S1 sebagai syarat melamar dari pada D3. semoga bermanfaat

      Hapus
  12. kakak saya kan lolos SNMPTN di jurusan ilmu kelautan Universitas Trunojoyo Madura, nah itu kira-kira prospek kerjanya kedpan banyak gak??? maksudnya mudah dapat kerja kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget, seperti yang saya bilang diatas, sekarang banyak sekali pekerjaan yang tidak hanya mengandalkan 1 fak/jurusan, liat dilowongan2 kerja, pasti banyak yang mencantumkan syarat "semua jurusan dengan IPK sekian" selain itu ilmu kelautan akan sangat dibutuhkan kedepannya karena pemerintah mulai sadar akan fungsi maritim sebagai sumber penghidupan dan ketahanan nasional. jadi jangan khawatir. belajar sungguh2 dan cintai jurusanmu seperti kamu mencintai kekasihmu ciiieeeeee...... :D. salam

      Hapus
  13. kakak aku ketrima di pemanfaatan sumberdaya perikanan universitas brawijaya ini. kak, kalo untuk cewek prospek kerja ke depannya gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii... salam kenal... Alhamdulillah aku juga diterima di pemanfaatan sumberdaya perikanan UB .. salam kenal ya :) sampai berjumpa di FPIK UB :)

      Hapus
    2. PSP prospek masih sangat bagus, namun berhubung dengan semakin besarnya overfishing maka hasil tangkapan ikan setiap tahun terus menurun... saran apapun jurusanmu, perbanyak channel, ikut aktivitas yang sering berhubungan dengan orang luar kampus seperti FisDic nanti semakin banyak channel dan kenalan semakin banyak info dan pengetahuan yang akan berguna waktu kita membuka usaha maupun mencari kerja.... salam brooo

      Hapus
  14. Kak... prospek kerja di kementrian kelautan dan perikanan RI untuk perempuan susah atau tidak ya ?? Because this is my dream :) Alhamdulillah saya juga di terima di pemanfaatan sumberdaya perikanan UB tahun 2014 .

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan adanya emansipasi wanita, tingkat peluang wanita mendapatkan pekerjaan yang sejajar semakin terbuka, info angkatan saya di KP3K-KKP juga banyak ceweknya kok, berarti sama kan peluang masuk PNS kementerian . tergantung testnya dek... OK

      Hapus
  15. assalamualaikum kak, saya mahasiswa baru di universitas riau. kebetulan masuk prodi BDP. trimakasih infonya ya, sekalian bagi-bagi ilmunya dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales karena kesibukan heehe (sok sibuk)... oh ya, ikut berduka buat kakak kelasmu yang kerja di danau toba yang kebetulan tenggelam dengan rekan kerjaku dulu ya... salam

      Hapus
    2. Salam kenal kak,aku Ek sianipar maba UNRI di prodi BP,jujur agak takut untuk tau,soalnya udah terlanjur ngambil.Apa kita lulusan BP akan dapet kerjaan yang mapan kak?

      Hapus
  16. ass kak saya pelajar saya sekarang kelas 12. rencana tamat sekolah saya mau lanjutin ke fakultas perikanan dan ilmu kelautan tapi saya masih bingung mau ambil jurusan apa tolong infonya ya kak

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Salam kenal kak..alhmdulillah thun ini sya lolos di prodi BP.

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum.. salam kenal saya Amel maba IPB jurusan THP. mau tanya kak, jurusan THP banyak praktikum kah? dan banyak berkunjung ke laut?
    dan biasanya lulusan prodi tsb, selain menjadi wirausahawan, dominan bekerja di mana ya?
    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  20. Assalaamu'alaikum kak. saya lulus SNMPTN di UNRI jurusan teknologi hasil perikanan. saya mau nanya, apakah prospek kerja THP itu cuma di sekitar riau saja? maksud nya apa boleh kita melamar pekerjaan di daerah lain seperti di jakarta atau jawa?
    dan juga apa benar kuliah perikanan ini banyak mahasiswa yg menganggur karena tidak mendapatkn pekerjaan ?? makasih sebelumnya kak :)

    BalasHapus
  21. Permisiii, mau nanya bedanya antara fakultas pertanian jurusan perikanan, sama fakultas perikanan dan ilmu kelautan
    thanks :-)

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum, salam kenal kak. Saya maba THP undip. Kmrn waktu msh bingung2nya milih jurusan snmptn sempet ngeliat post kakak ini, jd tergerak buat milih fpik. Makasih infonya ya kak. Semoga sukses selalu

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum. Salam kenal kak. Saya wahyu mau nanya donk kak.lebih baik ngambil prodi budidaya perikanan atau prodi teknologi pengolahan hasil perikanan. Minta sarannya ya.. Makasih :-)

    BalasHapus
  26. halo kak,aku maba ub budidaya perairan
    bagi" infonya dong.
    hubungi cindy.cup.ca@gmail.com

    BalasHapus
  27. Hai salam kenal, saya baru aja diterima di unpatti jurusan pemanfaatan sumber daya perikanan lewat jalur snmptn :)

    BalasHapus
  28. salam kenal kak,saya baru saja diterima di Budidaya perairan unsoed:")

    BalasHapus
  29. Untuk info lowongan kementrian kelautan dan perikanan kita bisa liat dimana ya?

    BalasHapus
  30. Lowongan pekerjaan..Bagi yang bisa membibitkan ikan air laut .dan berpengalaman hubungi saya 082111888886

    BalasHapus
  31. Lowongan pekerjaan..Bagi yang bisa membibitkan ikan air laut .dan berpengalaman hubungi saya 082111888886

    BalasHapus
  32. Kak kan saya Lolos tahun Ini di Jurusan TEKNOLOGI & MANAJEMEN PERIKANAN BUDIDAYA IPB.. kan Cita2 saya pengen jadi pengusaha sekaligus Membantu Perekonomian di desa saya.. kira2 kedepannya Usaha apa yang Cocok untuk saya, jika saya ingin membuka Usaha Awal Mula..

    BalasHapus
    Balasan
    1. LOWONGAN KERJA : Supervisor Budidaya Air Tawar di Bandung..hub WA 087823850888

      Hapus
    2. Kak fahrur dulu kakak lolos ipb lewat jalur apa?

      Hapus
    3. Kak fahrur dulu kakak lolos ipb lewat jalur apa?

      Hapus
  33. Kakk.. aku keterima di fpik jurusan psp tapi aku masih ragu karena aku kurang minat masuk sini.. aku denger katanya tugas numpuk banget dijurusan ini.. mohon pencerahannya kakk :"(

    BalasHapus
  34. salam kenal kak saya ajeng dari SUPM Tegal.. setelah saya baca blog ini saya jadi semangat, ternyata pilihan saya benar masuk ke dunia perikanan.. makasih kak bermanfaat banget..

    BalasHapus
  35. Ass, kak prodi perikanan PSP apa bisa kerja di balai budidaya perairan? Mohon infonya kak

    BalasHapus

Posting Komentar