KENAIKAN HARGA PAKAN IKAN Mei - Juni 2012

Harga pakan ikan naik?? edan bener, meskipun begitu pastilah ada alasannya. untuk itu mari kita telusuri alasan kenaikan harga pakan ikan tanpa menyudutkan pihak tertentu. Kenaikan harga pasti akan berdampak pada pembudidaya terutama yang bermodalkan kecil. Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan harga pakan ini. Semoga pembudidaya ikan bertahan sehingga dengan tekanan ini akan menghasilkan kreatifitas yang mengarah pada penghematan cost produksi dengan tidak mengurangi hasil produksi. seperti kata pepatah "jika satu pintu tertutup pastilah akan ada pintu lain yang terbuka"


Saya bukan peramal, tapi sangat suka meramal, ramalan saya pasti pas karena menggunakan rumus matematika, sebenarnya bukan ramalan, namun hanya menghubungkan dampak, akibat dari sebab, sebenarnya. Mulai bulan kemarin ini harga pakan ikan naik, dan pada bulan depan yang akan datang beberapa hari lagi akan ada kenaikan harga pakan tahap 2, menurut informasi yang diterima penulis dari berbagai sumber, kenaikan ini dikarenakan pasokan bahan baku terutama protein sedang kurang dalam pengadaannya, hal ini disebabkan ada indikasi bahwa protein yang berasal dari Amerika mengandung virus anthrax atau virus sapi gila, untuk itu pemerintah mengambil langkah menstop import bahan pakan dari Amerika dan hanya mengandalkan dua pemasok yaitu dari Brazilia dan Argentina kalau tidak salah. Wah ternyata bukan sumber pemain bola saja ternyata sana.

Seperti hukum umum ekonomi, bahwa barang terbatas dengan permintaan meningkat otomatis akan naik pula harganya, hal ini diperparah dampak bapak presiden kita dan pemerintahannya menghembuskan isu menaikkan harga BBM kemaren, saya sebut isu karena begitu kuatnya pemberitaan di media namun tidak jadi pelaksanaannya. dampak dari hal itu yaitu harga bahan seperti jagung, kedelai, dan beberapa bahan penunjang lain merangakak naik, dan seperti biasa, barang yang harganya naik akan sulit turun kembali walaupun tidak jadi naik BBMnya.

Menurut BOS BESAR jika dihitung-hitung maka setiap kilonya akan naik biaya produksinya mencapai 600 rupiah perkilo itu berarti kenaikan harga pakan akan naik 6.000 rupiah untuk kemasan 10 kg, 15.000 rupiah untuk kemasan 25 kg, 18.000 rupiah untuk kemasan 30 kg (biasanya pakan apung), dan 30.000 rupiah per karung kemasan 50 kg. dan kesepakatan itu berlaku untk semua merk pakan ikan kecuali 1 merk (untuk tidak mengurangi independensi penulis tidak akan menyebutkan merk). wah dengan kenaikan tersebut, petani atau pembudidaya dengan modal kecil pastilah tidak akan kuat menanggung akibatnya.

Untuk itu, para BOS pakan ikan berkumpul dan membicarakan hal ini dalam satu forum kumpulan BOS pakan ikan se Indonesia Raya. Menurut Ketua Umum Gabungan Perusahaan Makanan Ternak Sudirman, Rabu (25/4), di Jakarta, kenaikan harga bahan baku pakan saat ini gila-gilaan. Sudirman menyebutkan, saat ini harga bungkil kedelai naik dari 420 dollar AS per ton menjadi 620 dollar AS. Selain itu, harga tepung daging dan tulang juga naik dari 550 dollar AS per ton menjadi 650 dollar AS. Adapun harga minyak sawit mentah (CPO) sudah menembus 1.200 dollar AS per ton.”Rencana kenaikan harga pakan ternak sebesar Rp 600 per kilogram belum mempertimbangkan harga jagung. Kalau pasokan jagung bermasalah dan harga jagung naik, harga pakan bisa ikut naik lagi,” ujarnya (Kompas.com, 2012), namun kesepakatan semantara bahwa kenaika harga pakan ikan disepakati 350 rupiah per kilogram untuk pakan ikan baik apung dan tenggelam serta 500 rupiah per kilogram untuk pakan udang. namun hal ini masih menimbulkan masalah, hari ini adalah masa awal musim kemarau, dan masa ini biasanya diikuti dengan surutnya air terutama yang pembudidaya daerah aliran sungai yang mengalami pasang surut. dengan sedikitnya volume air akan mengurangi pasokan Oksigen perairan karena meningkatnya kepekatan air terutama daerah berlimbah, sehingga dampaknya nafsu makan ikan turun sehingga pertumbuhannya melambat. selain itu ikan liar seperti betok, gabus dan lainnya akan melimpah karena lebih mudah di tangkap. sehingga harga ikan di pasar akan turun mengikuti hukum Ekonomi semakin banyak barang dan permintaan tetap maka akan terjadi penurunan harga,

Dengan begitu, para pembudidaya semakin terjepit, ikannya tidak laku karena ikan tangkapan banyak dan harga pakan naik 350 rupiah per kilogram. disisi lain, pabrik pakan juga harus mengikuti kenaikan harga bahan baku sebab juga tidak mau menanggung kerugian juga untuk menghidupi ribuan karyawannya, dengan kenaikan harga pakan dan penurunan harga ikan ini, ditakutkan bahwa banyak petani terutama yang bermodal kecil dan pemula akan mengalami kebangkrutan dan putus asa dan akhirnya berhenti di bisnis ini.

Untuk itu maka saya memiliki pemikiran, untuk menjadi pembudidaya yang kuat kelak, sebaiknya menggunakan pakan alami ataupun membuat formulasi pakan sendiri sehingga tidak tergantung dengan
pakan pabrik, memang akan lebih repot jika kita membuat pakan sendiri atau menggunakan pakan alami, namun jika sudah terbiasa akan mampu menjadi pembudidaya yang tahan banting dan tidak tergantung dengan kapitalis.

Daftar Pustaka

Kompas.com, 2012. Harga Pakan Terus Naik. http://pilkada.kompas.com/berita/read/2012/04/26/02534965/.Harga.Pakan.Terus.Naik

Foto: koleksi pribadi, di ambil menggunakan kamera HP Samsung C3322. foto merupakan Bp.Supiyani, Sipir Penjara Alabio yang juga merupakan pembudidaya ikan yang lumayan sukses foto corrupt dan hilang

Komentar