Bob Marley Setelah Meninggal Menjelma Jadi Parasit Ikan

Apa-apaan lagi neh? penulis saraf, kemaren nulis tentang dracula di blog perikanan, sekarang malah Bob Marley? niat gak sih buat blog tentang perikanan? eitts...jangan protes dulu dulu donk, pasti suka protes sebelum baca. Tidak bisa dipungkiri, Bob Marley sangat penulis kagumi, walau potongan saya nggak gimbal, yang penting hatinya gimbal bung..hahahah... dengan semangat rastafara yang membara, dan penghormatan atas beliau walaupun beliau suka "ngganja" yang tidak boleh ditiru, saya tetap menghadirkan tulisan ini, walaupun nantinya akan di cekal BASARNAS??? kok Badan Sar Nasional? bukan BNN? embuh lah.. ikan kembung naik bajay... gak nyambung je....

Banyak orang yang kagum terhadap sosok beliau, tak terkecuali pak Paul Sikkel, Ahli Biologi Kelautan Arkansas State University. Oleh karena kekagumannya, nama Bob Marley diabadikan pada spesies crustacea yang menjadi parasit pada ikan karang di kepulauan Karibia dengan nama latin Gnathia marleyi. Spesies ini adalah spesies pertama yang di deskripsikan di Karibia dalam 20 tahun belakangan. Crustacea ini bersifat parasit dengan menempel pada ikan karang dan menghisap darahnya untuk tumbuh dewasa. Hewan ini bersembunyi di spon, pecahan karang, atau alga sewaktu masih muda, dan setelah mengicar ikan yang lewat menempelkan dirinya ketubuh ikan dan dan menyerap darahnya.

Uniknya crustachea ini tidak makan, ia bertahan hidup dengan mengatur metabolisme tubuhnya sehingga tidak makan sama sekali selama 2-3 minggu setelah masa remaja. Paul Sikkel dan timnya memanfaatkan pengamatan G. merleyi untuk memantau terumbu karang kepulauan Karibia yang rawan terserang penyakit. Sikkel dan timnya telah mendeskripsikan seluruh tahapan hidup G.marleyi pada jurnal Zootaxa terkini. Riset ini didanai Nastional Science Foundation. Gnathiid hidup di dasar samudera hampir diseluh planet ini dan merupakan sekian dari banyaknya parasit eksternal yang ditemukan didaerah terumbu karang. dan jika didaratan dianalogikan sebagai nyamuk.

ini saya kasih bonus lirik lagunya bob marley yang redemption song sebagai kenang2an lagu wajib pas KKN di desa Kecopokan, Kepanjen, Malang - Jawa Timur hehehe..

Old pirates, yes, they rob I;
Sold I to the merchant ships,
Minutes after they took I
From the bottomless pit.
But my hand was made strong
By the 'and of the Almighty.
We forward in this generation
Triumphantly.
Won't you help to sing
This songs of freedom
'Cause all I ever have:
Redemption songs;
Redemption songs.

Emancipate yourselves from mental slavery;
None but ourselves can free our minds.
Have no fear for atomic energy,
'Cause none of them can stop the time.
How long shall they kill our prophets,
While we stand aside and look? Ooh!
Some say it's just a part of it:
We've got to fullfil the book.

Won't you help to sing
This songs of freedom-
'Cause all I ever have:
Redemption songs;
Redemption songs;
Redemption songs.
---
/Guitar break/
---
Emancipate yourselves from mental slavery;
None but ourselves can free our mind.
Wo! Have no fear for atomic energy,
'Cause none of them-a can-a stop-a the time.
How long shall they kill our prophets,
While we stand aside and look?
Yes, some say it's just a part of it:
We've got to fullfil the book.
Won't you have to sing
This songs of freedom? -
'Cause all I ever had:
Redemption songs -
All I ever had:
Redemption songs:
These songs of freedom,
Songs of freedom.

Aquatropica Indonesia,
Yoppie Agustian

Daftar Pustaka
Kompas, edisi 12 Juli 2012. Bob Marley Jadi Nama Parasit Ikan Karang


Komentar