Memotong Tali PE 10mm tanpa Cutter

Wah sudah lama banget penulis gak nge-blog, sampe terlihat GO-BLOG sampai - sampai untuk nulis lagi di blog ini saya harus nanya - nanya sama mbah Google. hehehe...
Tali tambang PE 

Sekalian nostalgia, saya ingin menambahkan pengalaman yang di dapat dari sekolah lapang. Ilmu lapang murni (kaya kopi bubuk aja) yang nggak diajarkan disekolah perikanan manapun, sangat banyak ilmu yang bisa kita peroleh dari pengalaman. Ilmu lapang sangat berguna ketika kita berhadapan langsung dengan kondisi serba keterbatasan, ilmu lapang sebenarnya pengembangan dari ilmu murni yang diadopsi kemudian kita aplikasikan didunia nyata. salah satu ilmu fisika tentang gesekan jika kita terapkan dalam pekerjaan kita akan sangat membantu. Jika kita dihadapkan dengan keterbatasan tidak membawa peralatan pemotong seperti cutter maupun gunting dan harus memotong tali PE (Tali tambang plastik) atau "tampar" atau "dadung" dalam bahasa jawanya. apa yang harus dilakukan?


Terutama kita yang berkecimpung didunia perikanan budidaya di karamba, pasti sering berhubungan dengan tali plastik atau tali PE, karena tali PE sebagai penguat ikatan - ikatan di karamba baik penguat ikatan antar karamba maupun karamba dengan ponton dll. untuk memotong tali PE kita dapat menggunakan cutter, namun apabila tidak ada cutter kita dapat memanfaatkan tali sak pakan untuk memotongnya. Kok bisa? tali sak pakan kan kecil dan rentan putus, apa bisa memotong tali PE 6 mm atau 10 mm maupun 22 mm yang besarnya sebesar pisang ambon. masih gak percaya? begini caranya :

1. Siapkan tali plastik PE yang akan dipotong
2. Siapkan benang sak pakan ikan (biasanya berwarna merah putih/ tergantung merk pakan)
3. Benang pakan diusahakan benang yang kering (tidak basah)
4. Benang pakan didobel 2 atau didobel 4 untuk tali yang besar
5. Kalungkan benang pakan ke Tali PE yang akan dipotong dan
6. tarik kedua ujung benang pakan bergantian seperti gerakan menggergaji
7. Putus deh talinya


 Pakan ikan, bagian ujung sak (karung) selalu ada benang
 
Selain sangat membantu apabila kita sedang dalam keadaan urgent, memotong tali menggunakan benang pakan juga sarat akan filosofi, antara lain :
1. Jangan meremehkan yang lebih lemah/ yang kecil
2. Dengan kesabaran, hal yang kecil dapat mengalahkan sesuatu yang besar
3. Tidak ada yang tidak mungkin

Jadi dengan ilmu lapang yang didapatkan dengan pengalaman, kita dapat merenungkan jika kita berada di dalam titik terendah sekalipun, kita akan dapat mengalahkan masalah yang besar jika kita terus berusaha dan bersabar.

Aquatropica Indonesia
Yoppie Agustian 

Sumber gambar : http://ropetalitambang.com

Komentar